[ux_banner height=”500px” bg=”441″]

[/ux_banner]
[page_header type=”subnav” align=”center”]

[gap]

[section]

[row]

[col span=”4″ span__sm=”12″]

[ux_image_box img=”438″ image_height=”450px” image_radius=”5″]

Royal Sembahulun

[/ux_image_box]

[/col]
[col span=”8″ span__sm=”12″]

Nama saya Royal Sembahulun, Saya merupakan pemilik Royal Rinjani Tour dan saya bekerja di bisnis tur dan perjalanan. di samping itu, selain aktif menjalankan busnis  sayajuga aktif sebagai aktivis yang konsen dalam isu terkait permaslahan  lingkungan, sosial dan ekonomi di Nusa Tenggara Barat sejak 2004. Pada tahun  2014, saya bergabung dengan Organisasi pencinta Alam yang fokus pada pelestarian lingkungan.

Pada tahun 2006, saya ditunjuk sebagai sekretaris Organisasi tersebut dan aktif menjalankan program. Dalam perjalananya, saya mulai berpikir untuk melakukan hal baru yaitu menggabungkan sektor lingkungan dan pariwisata sebgai solusi membangun ekonomi masyarakat di lereng Rinjani. saya memulai terlibat dalam pariwisata sebagai pemandu wisata ke Gunung Rinjani. Ini adalah awal saya  mengenal industri pariwisata serta memahami bahwa pariwisata dpat membawa perubahan yang besar dalam hal perekonomian masyarakat.


Pada tahun 2008, saya mulai membuat gerakan besar dengan membuat Organisasi bernama SCDC Sembalun bersama beberapa pemuda Sembalun. Saya terpilih sebagai  direktur Organisasi sejak didirikan sampai saat ini. Kami fokus pada pendidikan Lingkungan, sosial, ekonomi, dan non-formal untuk penduduk setempat. Kami mulai melakukan pekerjaan sukarela dan meningkatkan keterampilan bagi penduduk setempat. Salah satu progra yang kami jalankan adalah Kursus Bahasa Inggris Gratis denga nmendatangkan relawan dari berbagai negara untuk mengajak di Sembalun. todak haya mengajar terkait bahasa asing namun juga mnegajari tentando banham hal yang terkait dennen pengembangan kreatifitas Sumber daya manusia masyarakat setempat. 

[/col]

[/row]
[row]

[col span=”4″ span__sm=”12″]

[ux_image_box img=”453″ image_height=”225px” image_radius=”5″]

Kursus bahasa Inggris gratis

Dimulai sejak 2008 dan menghasilkan banyak Pemandu profesional

[/ux_image_box]

[/col]
[col span=”4″ span__sm=”12″]

[ux_image_box img=”454″ image_height=”225px” image_radius=”5″]

Mengajar Bahasa Inggris di sekolah lokal

[/ux_image_box]

[/col]
[col span=”4″ span__sm=”12″]

[ux_image_box img=”402″ image_height=”225px” image_radius=”5″]

Pelatihan Pemandu dan Porter gunung Rinjani

[/ux_image_box]

[/col]

[/row]
[row]

[col span=”8″ span__sm=”12″]

Pada 2010, kami  berjuang terkait hak buruh di Gunung Rinjani (porter) untuk mendapatkan perlakuan dan Utah yang layak  dari para tour operator  yang menggunakan jasa mereka. Perjuanagan tersebut ahirnya berbuah manis dimana upa para porter nail dan hak-haknya yang lain juga terpenuhi seperti pengaturan berat beban banana metida melakukan pendakian. 

Pada tahun 2015, saya mendapat apresiasi dari gubernur Nusa Tenggara Barat sebagai penggerak pariwisata NTB. Kemudian, pada tahun 2018 saya mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, kategori “penghargaan untuk penggerak bisnis lokal di sektor Home stay.

Mengembangkan pariwisata akan meningkatkan ekonomi bagi penduduk setempat dan mengubah kelas sosial dengan menciptakan bidang kerja baru yang dapat menurunkan tingkat kemiskinan. Tetapi itu tidak sejalan dengan kelestarian lingkungan seperti sampah pada objek wisata yang paling banyak dikunjungi.

Jadi, setiap orang yang bekerja di industri ini (wisata dan perjalanan) harus memahami cara menjaga lingkungan yang ditujukan untuk pariwisata berkelanjutan. Inilah alasan saya mengapa saya harus membuat perusahaan baru bernama Lombok Green Nature.

[/col]
[col span=”4″ span__sm=”12″]

[ux_image_box img=”447″ image_height=”450px” image_radius=”5″]

Menerima penghargaan dari pemerintah

Pada bulan Desember 2018 menerima penghargaan dari kementerian pariwisata di Jakarta, kategori penghargaan sebagai pendorong bisnis homestay komunitas.

[/ux_image_box]

[/col]

[/row]
[row]

[col span__sm=”12″]

Apa yang telah saya lakukan ?

    

  • Kampanye pelestarian lingkungan.
  • Memotivasi dan membangun sektor pariwisata sebagai alternatif untuk meningkatkan pendapatan lokal.
  • Mengatur Kursus Bahasa Inggris Gratis untuk anak-anak (pelajar), pemuda, dan kuli yang ingin menjadi panduan dan kami bekerja dengan sebuah LSM bernama Fourth World Love dari AS dan menjalankan program sukarelawan (penduduk asli) dan seorang guru lokal yang mengajar di Sembalun Community Development Center (SCDC).
  • Menyelenggarakan beberapa pelatihan untuk meningkatkan keterampilan Porter, pemandu, dan Operator Tur
  • Berjuang untuk hak buruh (Porter dan Pemandu).
  • Memotivasi lokal untuk mengatur benda-benda di sekitarnya pada dasarnya budaya dan kearifan lokal.
  • Bekerja sama dengan Google Pacific untuk menjelajahi beberapa tujuan wisata di sekitar Lombok dan memberikan pelatihan tentang cara menggunakan Google Business.
  • Melakukan ekowisata dan mengkampanyekan pertanian organik untuk menciptakan pertanian berkelanjutan dan menghasilkan produk yang sehat.

[/col]

[/row]

[/section]

Royal Rinjani Tour Whasapp
Send via WhatsApp

Pin It on Pinterest

© Copyright 2023 Royal Rinjani Tour.